Pengertian SISTEM KOMPUTER

Hai,, jumpa lagi di blog saya. Berikut akan saya jelaskan tentang sistem komputer dan teman-temannya.

SISTEM KOMPUTER
Sistem komputer terdiri atas perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Kedua perangkat ini merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Tanpa perangkat lunak, sebuah perangkat keras komputer hanya merupakan seonggok benda mental yang tidak mempunyai kemampuan apa-apa. Begitu pula sebaliknya. Tanpa perangkat keras perangkat lunak hanya sebuah kode kode konputer yang tidak memiliki kemampuan untuk menggerakkan komputer.
Dengan demikian, kedua perangkat ini harus bekerja sama untuk membentuk sebuah sistem yang kita kenal dengan sistem komputer.

SISTEM OPERASI

Apa sih sistem operasi itu?
Sistem operasi (Operating system disingkat OS ) adalah program untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan aktivitas operasi komputer.

FUNGSI SISTEM OPERASI
Fungsi sitem operasi dibagi menjadi 3 yaitu:

  • Manajemen ptoses mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komputer. Proses adalah program yang dijalankan.
  • Memanajemen sumber daya. Yang dimaksud sumber daya adalah CPU, Memori utama, dan piranti masukan atau keluaran.
  • Memanajemen data.
MACAM-MACAM SISTEM OPERASI

  1. DOS
     Merupakan sistem berbasis teks, dipublikasikan tahun 1981 di bawah IBM PC DOS atau dikenal sebagai dengan MS-DOS. Sifat dari MS-DOS yaitu single user (hanya dapat digunakan oleh satu user) dan single tasking (hanya dapat melakukan satu pekerjaan).

2. Windows
    Merupakan sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) yang mempunyai sifat multiuser (dapat digunakan oleh banyak user)  dan multitasking (dapat melakukan banyak tugas).

3. Unix
    Merupakan sistem operasi berbasis jaringan yang dipublikasi tahun 1960, yang merupakan sistem operasi tertua. Contoh unix : unix, open BSD, dan free BSD. Unix pertama kali digunakan dan dikembangkan oleh komputer berplatfrom IBM, HP, dan Dun Solaris.

4. Macintosh
   Macintosh pertama kali dipublikasikan pada bulan Januari 1984 yang dirancang sangat user friendly untuk dibadingkan dengan komputer berbasis DOS. Versi terakhir yang dikeluarka oleh macintosh sistem operasi yaitu sistem X yang digunakan di Appke iMac Dekstop.

5. Linux
    Linux pertama kali dipublikasikan rahun 1991 oleh Linus Torvald. Linuk merupaka salah satu varian dari sistem operasi unix. Linux pertama merupakan sistem operasi berbasis teks. Karena sifatnya open seurce yaitu dapat dikembangkan dan digunakan tanpa lisensi, maka perkembangan Linux sangat pesat. Beberapa contoh Linux antara lain: Mandrake, Suse, Red Hat, Knoppix san Vedora Core.

Sumber: buku paket kalangan sendiri

Terima kasih telah mengunjungi blog sederhana saya. Rumah sederhana saya kali ini. Jumpa lagi... ☺

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Mengenai Saya

Foto saya
Berasal dari keluarga yang biasa saja, pun bukan mahasiswa. Semua itu tak dapat menghentikan langkah saya untuk terus berbagi ilmu. Karena, sebaik-baik manusia adalah yang dapat bermanfaat bagi sesama. Dan saya, memulainya dari sini; menulis.

Pengikut