Anak Kurang Percaya Diri? Inilah 5 Tipsnya Agar Anak Bisa Percaya Diri

Image by : google


Bicara tentang anak memang tidak ada habisnya lho Dears. Beberapa anak ada yang aktif dengan temannya namun, ada beberapa anak juga yang sangat pemalu atau tidak percaya diri. Nah, untuk menyikapinya mungkin, 5 tips ini bisa menjadi solusi untuk kalian Dears.


1. Berilah Anak Kesempatan

Image by : google

Yang pertama ialah berilah anak kesempatan. Sebagian anak kurang percaya diri karena kurang di beri kesempatan oleh orang tua. Misalnya, bila anak ingin bermain hal-hal seperti mencorat-coret tembok, kalian tidak harus memarahinya. Kalian bisa mengubah medianya seperti mencoret di kanvas. Tak perlu khawatir akan kotornya cat air yang berada di tangannya ya Dears, karena hal ini mampu melatih motorik otak anak agar lebih kreatif.


2. Latih Kemandirian Anak


Yang kedua ini juga penting lho Deas. Melatih kemandirian anak bisa membuat anak lebih mandiri dan tidak bergantung pada orang tua. Atau istilah lainnya adalah manja. Kalian bisa memulai dari hal-hal yang kecil, misalnya : membiarkan anak untuk mandi sendiri, ganti baju sendiri dan makan sendiri.

3. Beri Apresiasi

Memberikan hal-hal yang mampu membuat anak lebih percaya diri dengan memberinya apresiasi. Kalian bisa memberinya sebuah tepuk tangan saat anak mampu mengerjakan tugas dengan baik. Atau kalian juga bisa memberikan hadiah saat anak mendapat peringkat pertama di kelas. Hal ini dilakukan agar anak semakin berkembang dan terus menjadi pribadi yang lebih cerdas dan percaya diri.


4. Dekatkan Anak Dengan Ayahnya


Hal ini juga penting lho Dears. Karena sosok ayah adalah panutan keluarga. Jadi, jika seorang anak dekat dengan ayahnya maka secara tidak langsung pribadi sang ayah yang memang sudah terasah kepercayaan dirinya juga bisa menurun ke anak. Jadi, berikanlah waktu anak kalian dengan ayahnya ya Dears.


5. Libatkanlah Anak Dalam Segala Hal


Di usianya yang sedang berkembang. Pasti terdapat berbagai macam pertanyaan yang di ajukan oleh si anak. Termasuk, ketertarikannya dalam hal yang di lakukan orang tua. Jadi, jangan biarkan anak kalian sebagai penonton. Namun, ajaklah anak kalian melakukan hal-hal yang sudah biasa kalian lakukan. Seperti, menyiram tanaman, berkebun atau mengajaknya bermain di dapur. Hal ini pasti akan sangat menyenangkan ya Dears.

Nah, itulah beberapa tips yang saya bagikan. Dengan adanya tips ini, semoga kita sebagi orang tua lebih pandai mengatasi sifat anak yang kurang percaya diri.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Mengenai Saya

Foto saya
Berasal dari keluarga yang biasa saja, pun bukan mahasiswa. Semua itu tak dapat menghentikan langkah saya untuk terus berbagi ilmu. Karena, sebaik-baik manusia adalah yang dapat bermanfaat bagi sesama. Dan saya, memulainya dari sini; menulis.

Pengikut